25
Jun

SOLO, SERVIAMNEWS.com – Dunia yang semakin berkembang mendorong setiap individu untuk mengelola keuangan secara bijaksana. Salah satu cara untuk mencapai kesejahteraan ekonomi adalah dengan melakukan investasi. Pada Selasa, 18 Juni 2024 Yayasan Winayabhakti Solo bekerjasama dengan Syailendra Capital memberikan edukasi tentang instrumen investasi masa kini pada Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, Tenaga Penunjang SMP Regina Pacis dan SMA Regina Pacis Surakarta. Kegiatan bertema “Beyond the Classroom: Building a Roadmap to Create Wealth” ini bertujuan memberikan edukasi tentang literasi keuangan, terkhusus pengetahuan tentang mekanisme dalam berinvestasi dan teknik melakukan analisis resiko serta keuntungannya.

Pada sesi awal, tim Syailendra Capital menyampaikan materi tentang instrumen investasi tradisional dan modern. Contoh investasi tradisional adalah properti, emas dan deposito, sedangkan investasi modern seperti saham, obligasi, reksa dana, cripto, dan P2P lending. Seiring berjalannya waktu, investasi semakin berkembang, bahkan yang dahulu memerlukan kehadiran fisik dan proses manual, sekarang bisa diakses secara online dengan menggunakan dokumen digital. Hal ini juga harus menjadi perhatian bagi pemula yang ingin berinvestasi, sebab adanya kecanggihan teknologi bisa dimanfaatkan oleh pelaku investasi bodong. Mereka menjalankan modusnya dengan cara mengiming-imingi return yang tinggi. Maka, sangat penting perlunya edukasi dan kesadaran masyarakat tentang pengelolaan keuangan dan jenis produk investasi yang legal.

Tim Syailendra Capital juga menjelaskan di Indonesia lebih cenderung pada inklusi keuangan daripada literasi keuangan. Maksudnya adalah masyarakat mengetahui tentang bagaimana pengelolaan keuangan yang baik, misalkan mereka telah melakukan pembukaan rekening  tabungan di bank, namun tidak berani mengambil keputusan untuk berinvestasi. Padahal  faktanya, apabila uang di tabung pada bank, akan terpotong oleh biaya admin dan pajak sedangkan bunganya relatif kecil, sehingga dimungkinkan uang di tabungan dapat tergerus oleh biaya-biaya tersebut. Selain itu, nilai uang dipengaruhi oleh laju inflasi, yang menyebabkan nilai mata uang semakin melemah.

Investasi menjadi solusi untuk “menggandakan” uang kita di masa depan. Dalam melakukan investasi, kita harus memperhatikan pendapatan dan pengeluaran. Bukan berarti seluruh pendapatan dialokasikan pada instrumen investasi. Hidup harus seimbang, sehingga kebutuhan, hiburan, investasi sebaiknya mempunyai porsi masing-masing. Salah satu gambaran alokasi pendapatan yang disampaikan oleh tim Syailendra Capital adalah 50% untuk kebutuhan pokok, 30% hiburan dan 20% investasi. Balancing (budgeting) your money is key to having enough (Elizabeth Warren, US Senator).

Umur pensiun rata-rata adalah 55 tahun, sedangkan angka harapan hidup di Indonesia sekitar 75-78 tahun. Selama kurun waktu 20 – 23 tahun tersebut, seorang pensiunan diharapkan dapat memenuhi semua kebutuhannya, hidup layak dan sejahtera. Supaya tidak ada kekhawatiran di hari tua, maka rencana keuangan perlu disiapkan dari awal. Pada sesi terakhir Syailendra Capital memperkenalkan salah satu instrumen investasi, yaitu reksa dana. Reksa dana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari investor yang selanjutnya diinvestasikan pada portofolio efek oleh manajer investasi. Reksa dana sangat cocok bagi investor pemula, karena resikonya sangat kecil dan menawarkan diversifikasi produk tanpa harus mengetahui secara mendalam tentang pergerakan pasar.

Syailendra Capital juga memperkenalkan aplikasi perusahaannya yang bernama “Yo Inves”, aplikasi khusus untuk investasi reksa dana. Kegiatan ini ditutup dengan beberapa pertanyaan dari peserta seminar. Melihat begitu semangatnya bapak ibu guru dan karyawan dalam mengikuti seminar investasi, diharapkan dengan kegiatan ini semakin menambah wawasan tentang pengelolaan keuangan yang bijak, memahami dan mendalami dunia investasi, serta dapat mengambil keputusan investasi yang tepat.

Stefany Apriliana Nugroho – Guru Ekonomi SMA Regina Pacis Surakarta

Kampus Ursulin Regina Pacis Solo : https://smareginapacis-solo.sch.id/ dan https://smp-reginapacis-slo.sch.id/