12
Aug

LABUAN BAJO, SERVIANEWS.com – Keuskupan Ruteng bersama Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores mengadakan Festival Golo Koe Laboan Bajo tanggal 8-15 Agustus 2022. Acara diselenggarakan Keuskupan Ruteng sebagai salah satu wujud dari tema tahun pastoral 2022 yaitu “Berpartisipasi, Berbudaya, dan Berkelanjutan.”

Bertempat di Gua Maria Golo Koe Labuan Bajo dan Waterfront City Marina Labuan Bajo acara diisi dengan pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diikuti oleh 150 pelaku UMKM dari tiap paroki serta berbagai kesenian rakyat. Semua sekolah di Labuan Bajo dari Paroki-Paroki Keuskupan Ruteng turut berpartisipasi dalam kegiatan festival Golo Koe.

Peserta didik SD Santa Angela Labuan Bajo turut serta memeriahkan festival dengan menampilkan mix tradisional dan modern dance “Gori de Molas Manggarai Dalam Pusaran Waktu”, Kamis, 11 Agustus 2022. Tarian ini menggambarkan pekerjaan molas/gadis Manggarai dalam pusaran waktu/lintas jaman. Keseharian molas Manggarai pada zaman dahulu digambarkan dalam gerakan weri woja/latung, ako woja, tuk/tumbuk, tepi/tampi dan dedang/tenun.

Kemudian mengalami perkembangan seiring kemajuan teknologi yang digambarkan dengan Gerakan “membawa laptop dan mengetik”. Itulah molas Manggarai yang Tangguh melintasi arus perubahan jaman. Maju terus molas Manggarai!

Aprianita Ganadi

Kampus Santa Angela Labuan Bajo : http://www.kampusstangelalabuanbajo.sch.id