11
Dec

SUKABUMI, SERVIAMNEWS.com– TB-TK Sukapirena terus menerus memperluas wawasan dan meningkatkan kompetensi pedagogi melalui berbagai webinar dan pelatihan. Menindaklanjuti himbauan dari Pusat Yayasan Pendidikan Ursulin (PYPU) untuk satuan pendidikan TB-TK, pada Kamis- Sabtu, 3 – 5 Desember 2020 TB-TK Sukapirena merealisasikan pemahaman materi webinar yang diikuti pada bulan September 2020 tentang pembelajaran sentra.

Model pembelajaran sentra merupakan pendekatan pembelajaran yang dalam prosesnya dilakukan dalam “lingkaran” (circle time) dan sentra bermain. Lingkaran adalah saat pendidik duduk melingkar bersama peserta didik untuk memberikan pijakan yang dilakukan peserta didik sebelum dan sesudah bermain. Sentra bermain adalah arena bermain yang dilengkapi dengan seperangkat alat bermain yang berfungsi sebagai pijakan untuk mengembangkan seluruh potensi dasar peserta didik dalam berbagai aspek perkembangan secara seimbang. Arena sentra ditentukan oleh satuan pendidikan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki setiap satuan pendidikan.

Pendekatan pembelajaran sentra sangat cocok dengan value preposition (VP) Kampus Yuwati Bhakti Sukabumi, yaitu pemimpin masa depan berpola pikir sains. Dalam pengantarnya,  Ketua III Kampus Yuwati Bhakti Sukabumi, Sr. Elisabeth Sri Utami, OSU mengajak para pendidik untuk sungguh-sungguh hadir dengan sukacita dan hati yang terbuka agar kesempatan ini dipakai untuk menggali lebih dalam mengenai pembelajaran sentra dan mempraktikkan tahap demi tahap supaya dapat segera diterapkan dalam proses pembelajaran di TB-TK Sukapirena.

Selama tiga hari didampingi oleh Sr. Erna Verenanda Gai, OSU, pendidik  TB-TK Sukapirena mencermati proses pembelajaran sentra, mempersiapkan arena sentra dan perlengkapan yang akan digunakan di TB-TK Sukapirena yaitu sentra serviam, sentra balok, sentra bahan alam, dan sentra persiapan.  Di setiap sentra, peserta didik dapat mengembangkan 6 domain perkembangan anak usia dini (fisik, kognitif, bahasa, sosial, estetik, dan afeksi) serta berpikir sains, yaitu objektif, rasional, terbuka, dan berorientasi pada kebenaran.

Pendidik TB-TK Sukapirena sangat antusias dan optimis. Mereka berproses di arena yang telah dipersiapkan dan saling mengevaluasi untuk kebaikan bersama. Mereka sungguh-sungguh mempersiapkan diri dari segi pengetahuan, keterampilan, peralatan, dan arena sentra yang akan digunakan dalam proses pembelajaran sentra supaya ketika peserta didik sudah bisa belajar  di sekolah, proses pembelajaran sentra dapat dilaksanakan. Pembelajaran sentra di TB-TK Sukapirena ini sebagai salah satu penunjang tercapainya visi misi dan VP kampus sehingga lulusan Yuwati Bhakti mampu bersaing di jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan bermanfaat bagi kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

Agnes Tri Maryunani – Kampus Yuwati Bhakti Sukabumi

Kampus Yuwati Bhakti : http://kampusyuwatibhaktisukabumi.or.id/

Serviam