27
Nov

JAKARTA, SERVIAMNEWS.com– Agnes Harmi Prihantini S.Pd telah membawa SD Santa Maria Jakarta meraih Juara II pada ajang bergengsi Lomba Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ke-75 dan Hari Guru Nasional tingkat Provinsi DKI Jakarta. Acara bertajuk “Kreativitas dan Dedikasi Guru Menuju Indonesia Maju,” ini diselenggarakan di Gedung Guru, Jagakarsa Tanjung Barat, Jakarta Selatan, Sabtu, 21 November 2020.

Lomba yang diselenggarakan oleh PGRI Provinsi DKI Jakarta, mengambil tiga kategori yaitu Best Practice Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Menyanyi Tunggal dan Membaca Puisi. Proses hingga menuju ke babak final berlangsung dari 19 Oktober 2020 hingga 25 November 2020.

Perjuangan cukup panjang dilalui oleh Ibu Agnes sebelum maju menjadi finalis 10 besar menyanyi tunggal. Berawal dari mengikuti kegiatan di tingkat Kecamatan Gambir pada Agustus 2020 dalam lomba Menyanyi Tunggal Virtual untuk memperingati HUT RI 17 Agustus 2020 dan berhasil memperoleh juara I.

Wanita asal Yogyakarta ini dipilih kembali untuk mengikuti lomba menyanyi tunggal ke tingkat Provinsi, melalui seleksi kandidat yang berasal dari berbagai wilayah di Kecamatan Se- Jakarta Pusat. Proses ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Jakarta di SD Kenari 7 yang dilakukan secara virtual dengan mengirimkan video murni vokal tanpa editan. Lagu Hymne PGRI melesatkan langkah Ibu Agnes ke- 10 terbaik dari 96 peserta, sekaligus mewakili Jakarta Pusat ke tingkat provinsi.

Pada hari Sabtu 21 November 2020 menjadi hari penentuan babak final, peserta wajib menyanyikan lagu Gebyar-Gebyar ciptaan Gombloh dan juga lagu pilihan daerah Betawi Sirih Kuning ciptaan Eng Cuih. Juri dalam lomba ini antara lain Bapak Bambang Guru Seni Musik SMP 99 Pulomas, Bapak Rony Simanjuntak Dosen Unindra, dan Ibu Ika jebolan Solo Vokal dalam ajang pencarian bakat salah satu stasiun TV Indonesia.

Terdapat 10 finalis dan terpilih 5 pemenang semua mendapatkan hadiah penghargaan berupa piala, sertifikat, bingkisan Wardah sebagai sponsor serta uang pembinaan. Juara I berasal dari perwakilan Wilayah Jakarta Timur yang akan melanjutkan ke tingkat nasional, sedangkan juara 2 dipersiapkan sebagai cadangan mewakili Provinsi Jakarta di tingkat nasional.

Latihan dan berdoa menjadi kunci sukses bagi Ibu Agnes, melakukan persiapan maksimal dengan mempelajari lagu, mulai dari syair, mengetahui penciptanya, makna, mengetahui cerita dibalik lagu itu sehingga dapat melakukan interpretasi musik yang sesuai. Semoga dapat terus berkarya dan mengharumkan nama Sekolah Santa Maria Jakarta.

Humas Kampus Santa Maria Jakarta