13
Aug

ENDE, SERVIAMNEWS.com- Para peserta didik kelas 1, SDK Santa Ursula, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengadakan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Rabu, 5 Agustus 2020. Pelayanan imunisasi dilakukan di ruang Dezensano secara bertahap yaitu pukul 08.00-09.00 kelas IA, pukul 09.00-10.00 kelas IB, dan pukul 10.00-11.00 kelas IC. Sementara menunggu giliran untuk mendapatkan pelayanan, peserta didik didampingi guru kelas masing-masing asyik mewarnai gambar dan menyusun huruf.

Sesuai informasi yang diperoleh dari petugas kesehatan, program ini merupakan program kesehatan yang diberikan kepada anak-anak usia Sekolah Dasar untuk melindungi diri dari campak atau sekarang istilahnya vaksin Measles dan Rubela (MR), difteri dan tetanus. Sejatinya, imunisasi yang diberikan saat bayi, belum cukup untuk melindungi diri, maka di kelas 1 SD diberikan imunisasi DT ulangan setiap bulan Agustus untuk mencegah tetanus dan memperpanjang kekebalan.

Ada banyak respon dari para siswa ketika disuntik, ada yang biasa-biasa saja, dan ada pula yang menangis histeris. Pada masa pandemi Covid- 19 ini petugas pelayanan dari Puskesmas Onekore tetap memberikan pelayanan imunisasi dengan maksud untuk mencegah Kejadian Luar Biasa (KLB) seperti difteri, tetanus dan campak. Imunisasi DT diberikan untuk kelas 1 SD, sementara campak untuk kelas 2 dan kelas 5 akan dilayani pada bulan November. Sekolah tetap menunggu informasi dari petugas kesehatan.

Petugas yang diturunkan dari Puskesmas Onekore ada 6 orang yang terdiri dari para perawat. Guru dan para orang tua sangat antusias dan diharapkan dapat selalu memberikan dukungan kepada anak-anak untuk mendapat imunisasi. Terima kasih. Tuhan memberkati.

Linda