03
Oct

JAKARTA, SERVIAMNEWS.com– Keluarga besar KB-TK, SD, SMP, SMA-SMK Santa Theresia Jakarta merayakan pesta pelindung kampus. Para siswa, guru, karyawan menyatakan syukur bersama dalam Misa meriah yang dipimpin oleh Romo Agustinus Purwantoro SJ atau yang akrab disapa Romo Ipung di lapangan Kampus Santa Theresia, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 3/10. Misa bertajuk “Melakukan Hal Kecil Dengan Cinta yang Besar” ini diawali dengan pembacaan riwayat singkat Santa Theresia.  

Dalam homilinya, Romo Ipung menjelaskan mengenai pertanyaan murid-murid Yesus kepada Yesus yaitu siapakah yang terbesar di Kerajaan Allah? Yang terbesar, lanjut Romo Ipung, bukanlah mereka yang memiliki followers paling banyak di Youtube. Dunia sekarang, telah berubah, generasi milenial banyak yang tidak mau melanjutkan sekolah dan memilih profesi menjadi Youtuber.

Mereka menilai bahwa tidak perlu melanjutkan sekolah tinggi, karena dengan membuat content, upload di Youtube, sudah menghasilkan uang atau mungkin menjadi terkenal. Tetapi perlu kita ingat, bahwa seorang Youtuber tidak tiba-tiba menjadi besar.” Dalam setiap proses pasti diperlukan ketekunan. Begitu pula Santa Theresia yang dipanggil tidak langsung menjadi sukses,” kata Romo Ipung.

Sejatinya, kita semua dipanggil untuk mencintai Tuhan. Jika kita mencintai seseorang, maka kita akan mudah melakukan hal-hal berat. Seperti halnya, orang tua yang bekerja berjam-jam dari pagi sampai malam itu semua karena cintanya kepada anak-anak. “Santa Theresia saat umur 12 tahun sudah ingin menjadi suster tetapi ditolak pimpinan karena masih terlalu muda. Lalu ia pergi ke Paus. Dari sini terlihat, bahwa dalam diri Santa Theresia sudah ada niatan kuat. Begitu pula dalam diri anda juga ada keinginan kuat, bukan hanya untuk sukses tetapi juga keinginan kuat untuk belajar setia dalam perkara kecil,” ungkap Romo Ipung.

Keutamaan Santa Theresia

 Usai Misa, para guru dan karyawan menghadiri acara kekeluargaan bersama di Auditorium Santa Theresia. Acara diisi dengan penampilan seni dari para siswa dan pemberian penghargaan kepada karyawan dengan masa bakti kerja 30 tahun, 25 tahun, 20 tahun, 15 tahun, 10 tahun, dan 5 tahun.

Dalam sambutannnya, Ketua III Yayasan Ananta Bhakti, Sr Florentia Mujiyati, OSU mengungkapkan mengenai dua keutamaan yang dimiliki Santa Theresia. Pertama, Santa Theresia memiliki sikap manja, tetapi dia sadar dan mohon Rahmat Tuhan agar hidup lebih baik. Itulah, saat rahmat bagi Santa Theresia.

“Theresia merefleksikan diri, begitu pula kita yang memiliki titik lemah. Kita harus menyadari itu, mohon Rahmat Tuhan agar diberi kerendahan hati. Kita harus sadar akan titik lemah masing-masing,” kata Sr Floren.

Kedua, lanjut Sr. Floren, Santa Theresia bersedia melakukan hal-hal kecil dengan setia dan tulus.” Jadi, mari kita hidupi dua keutamaan Santa Theresia,” ajak Sr Floren.

Aprianita Ganadi

Kampus Santa Theresia Jakarta : http://www.sttheresia-jkt.sch.id/

Serviam