27
May

JAKARTA, SERVIAMNEWS.com– Para Suster, bapak dan ibu guru agama beserta Kepala Satuan Pendidikan Kampus Ursulin di Regio DKI Jakarta dan  Regio Jawa Barat hadir mengikuti workshop “Pengembangan Materi Pendidikan Agama Katolik” di Aula TK Santa Maria, Jakarta Pusat. Workshop diselenggarakan pada hari Kamis-Sabtu, 16-18 Mei 2019. Dra. Liria Tjahaja, M.SI bertindak sebagai narasumber. Ia adalah Ketua Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik Universitas Atma Jaya.

Para peserta datang dari Kampus Santa Ursula Jakarta, Santa Theresia Jakarta, Santa Angela Atambua, Santa Ursula Baucau Timor Leste, Santa Maria Jakarta, Santo Vincentius Jakarta, Santa Ursula Bandung, Santa Angela Bandung, dan Yuwati Bhakti Sukabumi. Pada hari pertama workshop, setiap kampus dibagi dalam beberapa kelompok. Mereka berdiskusi mengenai harapan dan problematika dalam pendidikan Agama di kampus masing-masing.

Penggalian tentang harapan dan problematika yang diungkapkan oleh peserta sejalan dengan Panduan Pengembangan Materi Pendidikan Agama Katolik yang telah disusun oleh Pusat Yayasan Pendidikan Ursulin. Oleh karena itu para peserta diajak untuk mendalami panduan yang telah disusun. Selanjutnya dalam kelompok masing-masing kampus para pendidik ini diajak untuk menyusun rencana pengembangan materi Pendidikan Agama yang kontekstual dan berkesinambungan.

Pendidikan Agama yang diberikan di kampus Ursulin diharapkan tidak hanya memberikan pengetahuan tentang agama kepada peserta didik, tetapi juga bersifat kontekstual. Dengan demikian Pendidikan Agama dapat menjadi sarana yang membantu peserta didik untuk berjumpa dengan Allah. Perencanaan itu dituangkan oleh para peserta workshop dalam bentuk Silabus dan RPP.     

Serviam