11
May

MADIUN, SERVIAMNEWS.com –Memasuki bulan puasa, anak-anak TK Santo Bernardus, Madiun, Jawa Timur belajar berbagi kasih dan toleransi dengan mengunjungi teman sesamanya yang berbeda agama. Mereka datang berkunjung ke TK Aisyiah Bustanu Athfal (ABA) 1, Kamis, 9 Mei 2019. Kedatangan anak-anak yang didampingi oleh kepala sekolah, guru, para suster Ursulin, komite dan sejumlah wali murid ini disambut hangat.

 Acara berbagi kasih juga berlangsung di tempat lain yaitu di TK Asther. Sedangkan, hari kedua berbagi kasih yaitu pada Jumat, 10 Mei 2019 diadakan di PAUD Cendekia dan PAUD Anggur. Mereka datang membagikan bingkisan kepada anak-anak dan guru.

Dalam acara penyambutan di TK ABA 1 berlangsung menarik. Anak-anak perempuan yang berbusana muslim serba putih menari riang gembira, menyambut kedatangan para tamu. “Ini menjadi tanda kasih untuk berbagi kepada saudara umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa,” kata Kepala Sekolah TK St. Bernardus, Madiun, Imelda Gurita Ulam Sari ini.

Seluruh anak-anak TK membaur dan bersukacita. Para siswa TK St. Bernardus juga berbagi kasih dengan membagikan tasbih dan peci kepada siswa TK ABA 1. “Mengajarkan kerukunan sejak dini itu penting. Memiliki rasa menghormati, bertoleransi dan berbagi antar sesama sampai dewasa nantinya,” lanjut Ibu Rita.

Sementara itu, Kepala Sekolah TK ABA 1, Ida Ayu Tristiawati mengapresasi dengan acara yang diprakarsai oleh TK St. Bernardus. Ida mengaku tidak menyangka, bahwa TK St. Bernardus datang membawa peci, tasbih, serta jajanan untuk berbuka. “Kami merasakan tali persaudaraan antar agama yang lebih erat,” ujar Ibu Ida.  

Ida juga berusaha menanamkan nilai moral toleransi dan kerukunan umat beragama kepada anak didiknya. Mengajarkan, bahwa di Indonesia tidak hanya ada agama Islam. Melainkan juga ada agama Kristen, Katolik, Budha, Hindu, dan lainnya. “Sehingga anak-anak tidak ada jarak antar umat Muslim dan Nasrani, kami sambut dengan gembira terima kasih untuk TK St. Bernardus,” jelas Ibu Ida.

Serviam